Minggu, 05 April 2009

OBAMA, BROWN TEKANKAN LANGKAH BERSAMA ATASI KRISIS EKONOMI

Sumber : VOA News berlangganan

01/04/2009

Britain's Prime Minister Gordon Brown, left, and U.S. President Barack Obama shake hands following a news conference at the Foreign and Commonwealth Office in London, 01 Apr 2009
Gordon Brown dan Barack Obama di London, 01 Apr 2009
Presiden Amerika Barack Obama dan PM Inggris Gordon Brown menyerukan persatuan dunia dalam menghadapi krisis ekonomi dunia. Kedua pemimpin itu bertemu hari ini di London menjelang KTT G-20 hari Kamis.

Obama menegaskan perlunya memusatkan perhatian pada kesamaan pandangan dan bukan pada perbedaan di antara negara-negara besar dunia. Keduanya juga mengatakan proteksionisme bukanlah solusi atas perekonomian dunia yang melemah.

Di Berlin, Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan para pemimpin G-20 itu akan menyusun kesepakatan kokoh mengenai reformasi pasar.

Merkel mengatakan, ia sepakat dengan keteguhan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy yang mengatakan tidak akan menerima kompromi palsu pada KTT itu.

Namun ia mengatakan ancaman Sarkozy untuk melakukan walkout dalam KTT bukan langkah produktif. Menteri Keuangan Perancis mengisyaratkan bahwa Sarkozy akan melakukan walkout jika pertemuan gagal untuk menyepakati peraturan yang lebih ketat tentang pasar keuangan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar